Rabu, 15 Juni 2011

Londa

Londa merupakan salah satu object wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan yang berjarak sekitar 7 km dari kota Rantepao dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.
Londa merupakan salah satu kuburan alam tertua di Toraja yang berupa gua dengan kedalaman kurang lebih 1000 meter. didalam gua ini terdapat banyak tengkorak dan tulang-belulang yang berserakan hampir di setiap sudut gua yang berliku dan sempit sehingga untuk memasukinya pengunjung harus berhati-hati dan kadang harus membungkuk untuk melewati gua. Untuk menyusuri Gua diperlukan penerangan yang bisa kita sewa dari penduduk sekitar dengan biaya sekitar Rp 20 ribu.
Sebelum masuk ke Gua di depan gua terdapat tau-tau yang merupakan lambang atau simbol dari mayat yang dikuburkan di tempat itu, ada juga erong (peti mati khas toraja) yang menyerupai binatang (babi atau kerbau) yang di susun di dinding batu, dan peletakkannya tidak sembarangan karena semakin tinggi strata sosialnya maka erong ini akan semakin tinggi juga tempatnya.

Di gua ini juga terdapat sepasang tengkorak yang konon ceritanya adalah sepasang kekasih yang bunuh diri karena cintanya tidak di restui oleh kedua orang-tuanya (mirip cerita Romy and Juliet).
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar